Belajar Mikrotik : Cara Saluran Mikrotik

Belajar Mikrotik : Cara Akses Mikrotik – Perangkat Mikrotik sanggup diakses dengan memakai aneka macam media, dan cara susukan Mikrotik nya pun berbeda-beda. Ada 4 cara mengakses MikroTik Router, antara lain :
1. Via Console/Command Mikrotik
Mikrotik bisa  kita susukan langsung  via console/shell maupun remote susukan memakai PUTTY (www.putty.nl). Caranya tinggal masukkan alamat IP Mikrotik ke kolom Host Name nya PuTTY.
Tips Command : “Manfaatkan auto complete” (mirip bash auto complete di linux) Tekan Tombol TAB di keyboard untuk mengetahui/melengkapi daftar perintah selanjutnya. Makara perintah yang panjang tidak perlu kita ketik lagi, cukup ketikkan awal perintah itu, kemudian tekan TAB-TAB maka otomatis Shell  akan menampilkan/melengkapi daftar perintah yang kita maksud.
Contoh:
Download Putty disini.
Cukup  ketikkan Ip Fir >>> kemudian tekan TAB  >>> maka otomatis  shell akan melengkapi menjadi Ip Firewall. Lalu ketik “..” (titik dua) untuk kembali ke sub sajian diatasnya, dan ketik “/“ untuk kembali ke root menu.
2. Via Web Browser
Mikrotik sanggup juga diakses via web/port 80 pada browser. Contoh : ketik di browser IP mikrotik kita: 192.168.1.10.
3. Via Winbox
Mikrotik  bisa  juga diakses/remote  menggunakan  tool  winbox (utility kecil di windows yang sangat simpel dan cukup gampang digunakan). Winbox merupakan tool untuk meremote Mikrotik yang paling terkenal sebab selain gampang juga sanggup menampilkan menu-menu pada Mikrotik secara GUI. Tampilan awal mengaktifkan winbox menyerupai ini : 
Winbox sanggup mendeteksi mikrotik yang sudah di install asal masih dalam satu network, adalah dengan mendeteksi MAC address dari ethernet yang terpasang di Mikrotik. Untuk sanggup mengakses mikrotik memakai winbox sanggup dengan memakai IP Address Mikrotik maupun MAC Address nya.
 Download Winbox disini.
4.    Via Telnet
Kita sanggup me-remote MikroTik memakai telnet melalui kegiatan aplikasi ”command prompt” (cmd)  yang ada pada windows yang fitur Telnet nya sudah diaktifkan. Namun, penggunaan telnet tidak dianjurkan dalam jaringan sebab persoalan keamanannya.
Contoh :
Itulah tadi 4 cara dalam mengakses Mikrotik. Bagi anda yang sedang belajar Mikrotik sanggup mencoba-coba memakai masing-masing cara di atas untuk latihan. Selamat Mencoba 🙂