Komponen Dasar Jaringan Komputer Dan Pengertiannya

Komponen Dasar Jaringan Komputer dan Pengertiannya – Sebelum kita lanjut belajar Mikrotik, ada baiknya mencar ilmu dulu perihal dasar dari Jaringan Komputer itu sendiri yang nantinya ilmu ini akan dipakai juga pada pemasangan dan penggunaan Mikrotik. Jaringan komputer adalah sekelompok  komputer otonom yang saling  dihubungkan satu sama lainnya, memakai suatu media dan protocol komunikasi tertentu, sehingga sanggup saling membuatkan data dan informasi. Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi yang lebih efisien antar pemakai (mail dan teleconference).

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan  komputer  merupakan sekelompok  komputer  otonom  yang saling  memakai protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga sanggup membuatkan data, informasi, agenda aplikasi dan perangkat keras ibarat printer, scanner, CD-Drive maupun harddisk serta memungkinkan  komunikasi secara elektronik.

Sedangkan  pada   Aplikasi  home user,  memungkinkan komunikasi antar pengguna lebih efisien (chat), interaktif entertainment lebih multimedia (games, video,dan lain-lain).

Router yaitu perangkat yang akan melewatkan paket IP  dari suatu  jaringan ke jaringan yang lain, memakai metode addressing dan protocol tertentu untuk melewatkan paket data tersebut.

Pengertian Router

Router yaitu suatu alat yang mempunyai kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang mungkin mempunyai banyak jalur diantara keduanya. Router-router  yang saling  terhubung dalam jaringan internet turut serta dalam sebuah algoritma routing terdistribusi untuk memilih jalur terbaik yang dilalui paket IP dari system ke system lain. Proses routing dilakukan secara hop by hop. IP tidak mengetahui jalur keseluruhan menuju tujuan setiap paket. IP routing hanya menyediakan IP address dari router berikutnya yang menurutnya lebih erat ke host tujuan.

Fungsi Router:

  • Membaca alamat logika / ip address source & destination untuk memilih routing dari suatu LAN ke LAN lainnya.
  • Menyimpan routing table untuk memilih rute terbaik antara LAN ke WAN.
  • Perangkat di layer 3 OSI Layer.
  • Bisa berupa “box” atau sebuah  OS yang menjalankan sebuah daemon routing.
  • Interfaces Ethernet, Serial, ISDN BRI.

Pengertian Sistem Operasi

Sistem  operasi yaitu sekumpulan rutin perangkat lunak yang berada diantara agenda aplikasi dan perangkat keras (Bambang Hariyanto,2006,hal 25). Sistem operasi mempunyai kiprah yaitu mengelola seluruh sumber daya sistem komputer dan sebagai penyedia layanan.

Sistem  operasi  menyediakan System  Call  (berupa  fungsi-fungsi  atau  API=Application Programming Interface). System Call ini menawarkan abstraksi tingkat tinggi mesin untuk pemrograman. System Call berfungsi menghindarkan kompleksitas pemrograman dengan memberi sekumpulan kode yang lebih gampang dan nyaman, sistem operasi  juga sebagai  basis  untuk agenda lain dimana agenda aplikasi  dijalankan diatas  sistem  operasi,  program-program itu memanfaatkan sumber  daya sistem  komputer  dengan cara meminta  layanan sistem  operasi mengendalikan sumber daya untuk aplikasi sehingga penggunaan sumber  daya sistem  komputer sanggup dilakukan secara benar dan efisien.

Sistem operasi yang dikenal antara lain :

  • Windows (95, 98, ME, 2000, XP, VISTA, SERVER, Windows7)
  • Linux (Red Hat, Slackware, Ubuntu, Fedora, Mikrotik, Debian, OpenSUSE)
  • UNIX
  • FreeBSD (Berkeley Software Distribution)
  • SUN (SOLARIS)
  • DOS (MS-DOS)
  • Machintosh (MAC OS, MAC OSX)

Klasifikasi Jaringan Komputer :

LAN   (Local  Area Network) yaitu Jaringan   komputer   yang  saling   terhubung   ke   suatu komputer server  dengan memakai topologi  tertentu,  biasanya  dipakai dalam
daerah satu gedung atau daerah yang jaraknya tidak lebih dari 1 km.

MAN (Metropolitan Area Network) yaitu Jaringan komputer yang saling terkoneksi dalam satu kawasan  kota yang jaraknya bisa  lebih dari 1 km. Pilihan  untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota, kampus dalam satu kota.

WAN (Wide Area Network) yaitu Jaringan  komputer yang menghubungkan banyak LAN  ke dalam suatu  jaringan terpadu, antara satu  jaringan dengan jaringan lain sanggup berjarak ribuan kilometer atau terpisahkan  letak geografi dengan memakai metode komunikasi tertentu.

Secara garis besar ada beberapa tahapan dalam membangun  jaringan LAN, diantaranya ;

  •     Menentukan teknologi tipe jaringannya (Ethernet, Fast Ethernet, Token Ring, FDDI)
  •     Memilih model perkabelan (Fiber, UTP, Coaxial)
  •     Menentukan bentuk topologi jaringan (Bus, Ring, dan Star)
  •     Menentukan teknologi Client/Server atau Peer to Peer
  •     Memilih Sistem Operasi Server (Windows NT, 2000, XP, atau Linux)

Pengertian Gateway

Gateway yaitu pintu gerbang sebagai keluar-masuknya paket data dari local network menuju outer network. Tujuannya semoga client pada local network sanggup berkomunikasi dengan internet. Router  sanggup disetting  menjadi Gateway dimana ia menjadi penghubung antara jaringan local dengan jaringan luar.

Pengertian Proxy Server

Proxy Server yaitu sebuah  fasilitas  untuk  menghubungkan diri  ke internet  secara  bersama-sama. Memenuhi undangan user untuk layanan Internet (http, FTP,Telnet) dan mengirimkannya sesuai dengan kebijakan. Bertindak sebagai gateway menuju layanan. Mewakili paket data dari dalam dan dari luar. Menangani semua komunikasi  internet  – ekternal. Bertindak sebagai  gateway antara mesin  internal dan eksternal.  Proxy  server  mengevaluasi  dan mengontrol undangan dari client, kalau sesuai policy dilewatkan kalau tidak di deny/drop. Menggunakan metode NAT. Memeriksa isi paket.

Pengertian Firewall

Firewall yaitu sistem  keamanan yang memakai device atau sistem  yang diletakkan di dua jaringan dengan fungsi utama melaksanakan filtering terhadap jalan masuk yang akan masuk. Berupa seperangkat hardware atau software, bisa juga berupa seperangkat hukum dan mekanisme yang ditetapkan oleh organisasi. Firewal  juga sanggup disebut  sebagai sistem atau  perangkat yang mengizinkan  lalu  lintas  jaringan yang dianggapnya kondusif untuk melaluinya dan  mencegah lalu  lintas  jaringan  yang tidak  aman. Umumnya firewall diimplementasikan   dalam sebuah mesin  terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan local dan jaringan lainnya. Firewall juga umumnya dipakai untuk mengontrol jalan masuk terhadap siapa saja yang mempunyai jalan masuk terhadap jaringan langsung dari hak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah generic yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda.

Pengertian Virtual LAN

Virtual LAN (VLAN) yaitu berupa suatu software dari device switch yang berfungsi  untuk mengelompokan user berdasarkan fungsional, 1 broacast domain (1 VLAN) dan antar VLAN sanggup terkoneksi dengan router.

Teknologi  VLAN yaitu suatu cara yang memisahkan segmen-segmen pada switch dimana antara 1  segmen  dengan segmen  lain  tidak  sanggup terkoneksi,  koneksi  sanggup dilakukan dengan memakai router. Dalam satu switch akan berbeda network-id-nya dan berbeda broadcast domainnya.

Demikianlah artikel perihal Komponen Dasar Jaringan Komputer dan Pengertiannya di blog perihal Tutorial Mikrotik Indonesia ini. Semoga bermanfaat 🙂