Pebisnis Wajib Tahu Nih, 4 Tren Digital Advertising di Indonesia

digital_advertising

Digital advertising di Indonesia kini telah berevolusi ke arah yang lebih baik. Dulu, iklan digital semacam ini masih sangat sederhana berbentuk gambar statis yang muncul di bagian atas situs atau web. Namun kini, iklan digital telah jadi bagian dari kehidupan masyarakat modern sehari-hari seiring berkembangnya teknologi.

Bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia marketing, mungkin bisa jadi sedikit bingung memahami begitu banyak contoh iklan digital yang tersedia. Apalagi jika harus menentukan jenis iklan digital apa yang paling pas untuk mengiklankan suatu bisnis.

Membuat iklan bisnis memang bisa jadi tantangan tersendiri, tapi juga bisa sangat mudah jika Anda menemukan platform yang tepat. Nah, berikut ini kita akan membahas tentang tren digital advertising di Indonesia yang perlu Anda ketahui sebagai seorang pebisnis.

Tren digital advertising di Indonesia

  1. Google shopping ads

Digital advertising satu ini termasuk dalam kategori iklan PPC atau pay per click yang menampilkan produk berupa gambar, dilengkapi dengan harga dan asal situs. Jika Anda berminat untuk menyiapkan jenis iklan ini, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengunggah produk ke Google’s merchant center disertai kampanye belanja.

Jenis iklan digital ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki produk lebih dari 500 item. Namun, apabila Anda menjalankan bisnis yang lebih kecil dan menjual produk dalam jumlah terbatas, maka iklan digital ini bukan cara yang tepat.

  • Display ads

Sedikit berbeda dengan google shopping ads, iklan digital berbentuk display ads merupakan iklan yang muncul di situs web lain. Konsumen potensial yang melihat iklanini akan menjadi target utama setelah mencari produk atau layanan, atau kebetulan masuk di situs web yang berisi iklan tersbut.

Umumnya, para marketer menggunakan iklan bergambar ini untuk mempromosikan produknya kepada orang yang belum pernah mendengar apapun soal produk tersebut. Itu berarti, display ads fokus pada peningkatan brand awareness.

Iklan digital satu ini memungkinkan Anda menjangkau hampir 90 persen pengguna internet di dunia maya melalui 2 juta situs web. Meski tergolong angka yang cukup besar, tapi tidak akan menjamin Anda mampu memperoleh konversi dari iklan tersebut.

  • Social media advertising

Bicara tentang periklanan media sosial, ada beberapa jenis kampanye digital advertising yang perlu Anda lakukan sebagai pebisnis. Anda bisa membuat suatu iklan di Youtube, Facebook, hingga Instagram. Platform-platform tersebut memang terbukti mampu mendorong penjualan dan meningkatkan brand awareness dalam jangkauan super luas.

Melalui social media advertising seperti ini, Anda bisa meningkatkan visibilitas merek, menetapkan target demografi tertentu atau bahkan minat yang dimiliki oleh konsumen. Selain itu, iklan digital yang berorientasi pada jejaring sosial seperti ini memang terbilang cukup efektif. Pasalnya, di era modern seperti sekarang hampir semua orang memiliki media sosial.

Salah satu contoh iklan yang bisa Anda jadikan konten di media sosial adalah sajian unik dan menarik berupa company profile digital. Bentuknya bisa beraneka ragam. Sesuaikan saja dengan target konsumen yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Dijamin, penjualan dan profit perusahaan akan meningkat drastis ketika pada akhirnya company profile digital seperti ini sampai ke hadapan calon konsumen Anda.

Namun, jangan lupa untuk selalu melakukan riset pasar agar Anda tahu di mana konsumen potensial tersebut menghabiskan waktu mereka. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu tahu platform apa saja yang lebih mereka sukai.

  • Video marketing

Meski sebagian besar jenis iklan digital merupakan bagian dari iklan media sosial, tapi iklan video sebenarnya berada dalam kategori yang berbeda. Rentang waktu yang terbilang singkat dan pendek jadi tantangan terbesar para pengiklan. Namun tetap saja, video seperti ini nyatanya mampu mendominasi dunia periklanan digital.

Video marketing memungkinkan targetnya menyerap konten secara efektif dan efisien. Percayalah, menggunakan video sebagai pengganti iklan teks bisa jadi pengubah strategi untuk bisnis yang sedang Anda geluti. Iklan digital ini memungkinkan Anda untuk terlibat lebih jauh dan cepat dengan calon konsumen.

Tak heran, jika para pebisnis kekinian lebih banyak menggunakan video marketing seperti ini untuk dijadikan company profile digital. Sebab, media satu ini memang mampu memberikan bukti nyata dalam peningkatan brand awareness.

Apalagi, jika company profile tersebut dikemas apik dalam bentuk gambar dan teks bergerak yang disertai grafik serta audio sempurna. Dilengkapi juga dengan cerita yang membangkitkan emosional calon konsumen hingga menggaet mereka untuk ingin tahu lebih dalam soal bisnis tersebut.

Membuat suatu iklan video ataupun company profile berbentuk video seperti ini mungkin tampak sulit. Namun jika Anda pikir lagi, dalam jangka panjang strategi marketing satu ini memang layak dilakukan. Apabila Anda bisa memberikan informasi secara cepat kepada konsumen, maka mereka akan mendengar apa saja yang memang ingin Anda sampaikan.

Demikian penjelasan singkat mengenai tren digital advertising yang saat ini sedang digemari para pebisnis di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!